google-site-verification: google47c9c87dd4000082.html Edukasi: Makanan Peningkat Stamina Dan Konsentrasi Belajar Anak

Rabu, 15 Desember 2010

Makanan Peningkat Stamina Dan Konsentrasi Belajar Anak

Dimusim ulangan seperti ini, biasanya tak hanya anak yang stress, banyak orang tua yang juga stres. Mereka khawatir putra atau putrinya tidak mendapatkan nilai yang baik. Berbagai upaya tentunya diupayakan oleh setiap orang tua mulai dari mengingatkan anak untuk mengurangi bermainnya sampai seorang tua rela menemani anaknya untuk belajar. Tetapi mungkin ada satu hal terlupakan yaitu tentang makanan buat anak-anak mereka. Tentunya makanan yang sarat dengan gizi yang dapat meningkatkan stamina dan konsentrasi belajar anak agar senantiasa prima, dua hal ini yang perlu dijaga disaat anak harus bekerja keras memeras otak. Berikut beberapa makanan yang mendukung hal tersebut :


Snack yang kaya akan vitamin B 

Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh otak adalan vitamin B kompleks. Vitamin ini berperas besar dalam menghasilkan energi tubuh. Otak termasuk serakah dalam mmengambil energi, 25 % energi diambilnya untuk menjamin berlangsungnya jalinan pesan pada sel-sel saraf otak. Sedangkan tubuh membutuhkan vitamin ini untuk pembentukan sel-sel darah merah, si pembawa oksigen saat pembentukan energi.
 Anak yang kekurangan vitamin B akan mengalami sakit kepala, tidak atau kurang berkonsentrasi, daya ingat berkurang dan sering lesu. Karena itu, selain buah segar dan jus buah bubur kacang hijau dan bahan makanan yang kaya vitamin B baik diberikan sebagai makanan selingan sore. Sereal dengan susu juga oke.

 Bekali dengan makanan yang padat gizi.

Beristirahat disekolah merupakan saat yang ditunggu-tunggu. Anak ingin cepat melepaskan ketegangan setelah belajar atau ulangan. Mungkin saat itu energi mereka telah terkuras sehingga merasa lelah. Karena itu bawakan mereka bekal yang sehat, praktis dan tidak merepotkan berupa makanan padat gizi yang dapat memberikan energi,. misalnya pisang. PISANG YANG MUDAH DICERNA DAPAT DENGAN SEGERA MENINGKATKAN ENERGI, memperbaiki keadaaan mental anak dan juga anak akan merasakan senang. Dan memperoleh kembal;i keseimbangan emosinya. Kacang-kacangan juga baik sebagai penambah energi karena kandungan asam lemak, dan proteinnya bermanfaat sebagai penunjang daya tahan tubuh. Kandungan seleniumnya merupakan sumber antioksidan yang baik pula. Sementara kandungan magnesiumnya membantu menenangkan anak. Semua ini tentu akan menunjang daya tahan tubuhnya. Jus buah pun oke karena kandungan gula pada buah mudah diserap dan dapat segera masuk ke aliran darah. Dengan demikian kadar gula darah akan meningkat secara cepat dan itu akan menjadi sumber energi bagi otak.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Edukasi Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template