google-site-verification: google47c9c87dd4000082.html Edukasi: Edukasi Seks Bisa Tangkal Remaja Berhubungan Intim di Usia Dini

Rabu, 15 Desember 2010

Edukasi Seks Bisa Tangkal Remaja Berhubungan Intim di Usia Dini

Para remaja yang pernah men­da­pat edukasi seks secara formal di­ketahui tidak akan menjalani hu­bungan intim pertamanya di usia dini.

 Hal ini ditemukan tim peneliti da­ri Amerika Serikat, yang me­nga­takan bahwa para remaja le­la­ki yang pernah mendapat pe­la­jaran seks di sekolah, 71 persen di antaranya mengaku tidak ber­hu­bungan intim sampai mereka berusia 15 tahun.

 Sedangkan remaja putri yang ju­ga mendapat pelajaran seks, 59 per­sen di antaranya tidak ber­hu­bu­ngan intim di bawah 15 tahun.

 Di samping itu, pengetahuan ten­tang seks yang didapat dari se­ko­lah meningkatkan kesadaraan peng­gunaan kontrasepsi pada re­ma­ja lelaki saat berhubungan per­ta­ma kali. Demikian menurut pe­nelitian Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) di AS, yang hasilnya diterbitkan di Journal of Adolescent Health.P


 ”Melihat hasil penelitan, se­per­ti­nya edukasi seks sepertinya ber­ha­sil,” kata Trisha Mueller, se­orang epidemiologi yang be­ke­r­ja­sama dengan CDC dalam penelitian. 


 ”Pelajaran seks tersebut ber­ha­sil, khususnya untuk populasi yang biasanya berada pada risiko ting­gi terkena penyakit menular sek­sual,” tambahnya. Penelitian ini bermula pada tim Muel­ler yang melihat survei na­sio­nal 2002, yang melibatkan 2.019 remaja berusia 15 hingga 19 tahun.


 Mereka menemukan anak laki-laki yang mendapat pelajaran seks di sekolah, tiga kali lebih da­pat mengontrol kelahiran karena me­reka tidak melakukan hubung­an intim pada usia dini.


 Tetapi, edukasi seks ini tdiak ber­pengaruh banyak terhadap re­ma­ja perempuan, dimana mereka kurang bisa mengontrol kelahiran bayi. 


 Yang lebih parah, sebanyak 91 re­maja putri berkulit hitam yang men­dapat pelajaran seks, ternyata te­lah berhubungan intim di ba­wah usia 15 tahun. Sayangnya, melihat kenyataan ini, tim peneliti tidak menge­va­lua­si isi program edukasi seks di sekolah-sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Edukasi Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template